Lewat e-Voting, Misbah Kembali Pimpin Ikatektro Unsyiah

Misbah kembali terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Teknik Elektro (Ikatektro) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala untuk periode 2020 – 2024. Misbah berhasil mengungguli Mulkan Fadhli dengan perolehan suara 71% berbanding 29%. Perolehan suara diperoleh dari mekanisme pemungutan suara melalui e-Voting.

Hasil ini ditetapkan pada gelaran Musyawarah Besar (Mubes) Ikatektro ke IV secara daring yang digelar Minggu (4/10/ 2020). Dengan demikian Misbah akan melanjutkan periode kepemimpinan untuk kedua kalinya setelah sebelumnya menjabat pada periode 2016 – 2020.

Ketua Panitia Mubes Rio Syahputra mengatakan mengingat masa berakhirnya kepengurusan jatuh dalam masa pandemi covid-19, maka pihaknya melakukan berbagai pendekatan agar tidak terjadinya kekosongan pengurus ikatan alumni. Salah satunya adalah dengan menggelar e-Voting.

Pemilihan ketua alumni dengan menggunakan sistem e-Voting merupakan bagian dari prosesi musyawarah bersama dan pertama kali dilakukan secara virtual.

E-Voting yang diikuti oleh 417 alumni ini dilakukan melalui 3 (tiga) tahapan. Pertama, pendaftaran alumni melalui form pendaftaran yang disediakan oleh panitia. Kedua, alumni terdaftar dilakukan validasi data berdasarkan AD/ART Ikatektro. Terakhir, panitia mengirimkan kode unik suara digital untuk dapat menggunakan hak suaranya dalam pemilihan.

“E-Voting pada prinsipnya hanya untuk menghilangkan teknis manual pada sistem pemilihan konvensional, seperti surat suara dan perhitungan manual serta rekapitulasi otomatis dan berjenjang,” sebutnya.
“Proses pemungutan suara ini kita lakukan dari pukul 8.00 – 14.00 WIB secara online. Alumni menggunakan hak suaranya dengan cara mengaktivasi kode unik suara digital yang dikirim oleh panitia sehari sebelum proses pemungutan suara dilakukan. Kemudian hasil pemungutan suara akan kami serahkan ke presidium sidang untuk ditetapkan dalam sebuah surat keputusan,” urai Rio.

Hasil perhitungan suara secara elektronik itu bisa langsung diperoleh begitu waktu pemungutan suara ditutup. Panitia Mubes bisa memantau proses pengolahan, pengiriman dan penayangan hasil rekapitulasi penghitungan suara secara otomatis terjumlah sendiri.

Dari hasil pemungutan suara tersebut, ungkap Rio, ditetapkan Misbah menjadi Ketua Umum Ikatektro FT Unsyiah periode 2020-2024.

Sementara itu, Misbah dalam orasi singkat usai terpilih mengucapkan terima kasih karena telah dipercaya Kembali memimpin ikatektro. Ia mengungkap masih perlunya ada dukungan dari alumni dalam bekerja.

“Pada kesempatan ini saya ingin berterima kasih kepada panitia Mubes, Presidium sidang Mubes, dan seluruh alumni yang telah ikut serta untuk mensukseskan gelaran Mubes ke IV Virtual Ikatektro FT Unsyiah. Saya juga berterimakasih kepada segenap alumni yang ikut memilih ini bukti kepedulian kita bersama,” katanya.

Misbah juga mengajak seluruh angkatan alumni Teknik Elektro Unsyiah untuk bahu – membahu membangun Ikatektro dengan semangat gotong – royong sehingga harapannya Ikatektro semakin dikenal dan kredibel serta dapat memberikan kontribusi yang positif untuk anggotanya dan masyarakat Aceh.

“Jangan sungkan-sungkan mengkritisi dan memberi saran kepada pengurus nantinya,” ujar Misbah.

Di akhir orasi, Misbah juga mengajak Mulkan Fadhli untuk berkolaborasi dengan ide dan aksi untuk sama – sama membangun IKATEKTRO menjadi lebih baik lagi, dan bermanfaat tentunya bagi anggota IKATEKTRO FT Unsyiah khususnya dan masyarakat aceh pada umumnya.

Comments are closed.