Di Era Milenial, Mahasiswa Dituntut Miliki Karakter Iptek dan Imtaq yang Cakap

Banda Aceh – Ketua Ikatan Alumni Teknik Elektro (Ikatektro) Universitas Syiah Kuala Misbah, ST, M. Eng mengungkap mahasiswa di era milenial dituntut memiliki karakter penguasaan ilmu Trump to Drop Call for Medicare to Negotiate Lower Drug Prices medical buy_steroids_online overdose antidote is supposed to be easy to get. it’s not. pengetahuan dan teknologi (iptek) yang cakap. Tak cukup itu saja, perilaku yang bersumber dari keimanan dan ketaqwaan juga wajib ada.

Hal itu disampaikan Misbah dalam Studi Islam Intensif (SII) XX 2018 Himatektro di Balee Keurukon Fakultas Teknik Unsyiah, Sabtu (20/10/2018).

“Mahasiswa tentunya dituntut untuk memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), akan tetapi iman dan taqwa (Imtaq) tidak boleh tidak dan wajib dimiliki. Inilah karakter yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa. Apalagi era milenial seperti sekarang ini, banyak yg mulai berpikir bahwa imtaq tak diperlukan lagi. Ini adalah anggapan yang salah,” tegasnya.

Misbah mengingatkan peradaban manusia berkembang dipengaruhi oleh adab seseorang. Menurutnya, adab berada di atas nilai-nilai keilmuan. Adablah yang mencerminkan karakter seorang insan manusia.

“Dengan iptek kita tentunya ingin melahirkan peradaban. Peradaban sendiri berasal dari kata adab. Jadi sesuai dengan apa yang islam ajarkan bahwa Adab tingkatannya berada di atas ilmu. Karena makin tinggi ilmu seseorang seharusnya melahirkan adab yang tinggi pula dalam kesehariannya,” ungkapnya.

Oleh karenanya, ia mengajak kaum terpelajar khususnya para teknokrat muda untuk membangun peradaban islam yang lebih baik dimulai dari pembangunan peradaban negara.

“Dengan tema Peran Teknokrat Pembangunan Perdaban Islam, mari sama-sama mahasiswa yang dianggap sebagai kaum terpelajar dan juga khususnya lagi mahasiswa teknik yang akan menjadi teknokrat bahu membahu melahirkan peradaban yang cemerlang demi islam dan juga negara kita ini,” sebutnya.

Comments are closed.